Primary tabs

FGD “Optimalisasi Pengelolaan Tambang Secara Berkesinambungan” Bisa Bermanfaat Bagi Babel

PANGKALPINANG - Dalam upaya mewujudkan pengelolaan pertambangan yang berkelanjutan guna mendukung ketahanan nasional, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Rabu, (20/3/2019) menggelar Focus Group Discussion (FGD).

Kegiatan yang diberlangsung di Ruang Tanjung Pendam Lantai II Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), di Air Itam, Pangkalpinang ini, mengusung tema “Optimalisasi Pengelolaan Tambang Secara Berkesinambungan dalam Rangka Ketahanan Nasional”.

FGD ini, dibuka Asisten Setda Babel Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Yanuar, mewakili Gubernur Babel, Erzaldi Rosman.

Asisten Setda Babel saat memberikan sambutan singkatnya Focus Group Discussion ini, bisa membawa hasil yang bermanfaat buat masyarakat dan daerah Babel, khususnya buat tim Lemannas RI.

“Selamat datang dan terima kasih atas kedatangan bapak dan ibu. Kami berharap pertemuan ini nantinya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Provini Babel,” kata Yanuar.

Untuk menghasilkan diskusi yang baik, lanjut Yanuar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel telah mengundang beberapa Kepala OPD di lingkup Pemprov Babel diantaranya Dinas Energi dan Mineral serta BLH Babel.

Sementara itu, Brigjen TNI Ramses, L.Tobing Dirjian Ekonomi dan SKA Debidjianstrat Lemhannas RI mengatakan, dari pembahasaan Lemhannas, perlu kiranya Lemhannas memberikan saran kepada Presiden bagaimana sebenarnya melaksanakan pengelolaan tambang yang belum bisa memberikan hasil optimal dan berkelanjutan.

“Sebenarnya kegiatan kita ini FGD, intinya kita adalah mengumpukan data berkaitan dengan Optimalisasi Pengelolaan Tambang Secara Berkelanjutan Dalam Rangka Ketahanan Nasiona,” ungkap Brigjen Ramses.

Brigjen Ramses, L.Tobing  menegaskan, Lemhannas memilih wilayah Babel untuk dilakukan pengkajian karena Babel memiliki pengalaman pertambangan timah yang sudah lama, sehingga mampu menopang perekonomian masyarakatnya.

“Kita memilih Babel yang sebenarnya Babel sudah memiliki pengalaman mengelola pertambangaan timah ini.  Kita lihat dampaknya kepada lingkungan kepada masyarakat dan bagaimana kelanjutan tambang timah ini, menopang perekonomian masyarakat, itu kira - kira yang kita lakukan,” tegasnya.

Focus Group Discussion dilajutkan dengan diskusi internal antara Pejabat Pemprov Babel dengan jajaran Lemhannas. Turut hadir jajaran dari Polda Babel dan Legislatif Babel.

Sumber: 
PPID Babel
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Ridwansyah
Bidang Informasi: 
PPID Babel
Error | Pejabat Pengelola Informasi Publik (PPID)

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.