Primary tabs

Gubernur Babel,Resmikan Rumah Produksi Berkah Lada

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzadi Rosman, meresmikan secara langsung Rumah Produksi Berkah Lada.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan guting pita oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (31/01/2020) di halaman Rumah Produksi Berkah Lada di Tuatunu, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dihadiri Staf Khusus Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang juga menjabat Dirut BUMD Bangka Belitung Saparudin, Kepala Dinas Perindag Provinsi Kepulauan Banga Belitung, Kadis Koprasi dan UKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  dan masyarakat, keberadaan rumah produksi lada tersebut bertujuan untuk menyediakan hasil produksi lada berkemasaan.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman dalam sambutan singkatnya mengharapkan rumah produksi berkah lada ini membawa manfaat buat masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khusunya masyarakat Tuatunu Kota Pangkalpinang yang dekat dengan Rumah Produksi Berkah Lada ini.

"Kita ngeresmi salah satu yang lama kita ingin buat dari dulu, alhamdulilah sudah terwujud pada hari ini. Mudah - mudahan dapat membantu petani kita," tuturnya.

Gubernur juga meminta doa masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar Rumah Produksi Berkah Lada ini di berkahi oleh yang maha kuasa.

Gubernur juga menginginkan agar seluruh pekerja di Rumah Produksi Berkah Lada 70 persen dari masyarakat sekitar Kantor Rumah Produksi Berkah Lada.  "Intinya, 70 persen orang tuan tunu para pekerjanya," kata Gubernur.

Sebelumnya,  Zaidan Lesmana Direktur Utama Rumah Berkah Lada Petani menjelaskan dengam adanya rumah lada ini, di harapkan meningkatkan kejayaan lada Babel.

"Mesin yang ada sudah ramah lingkungan, prodak kita sudah dapat sertifikat halal dari MUI, untuk menjaga kehalalalnya dan kebersihanya serta bisa memenuhi kebutuhan nasional," harapnya.

"Lada Babel sangat diinginkan oleh negara luar,karena lada Babel sangat baik. Prodak kami sudah diuji dan punya peridikat Standar SNI.Ada empat parian, saset,botol,gridr dan kemasan isi ulang," lanjutnya.

Oleh karena itu, dirinya meminta doa dan dukungan masyarakat agar Rumah Produksi Berkah lada ini dapat bermanfaat.

"Kami mohon dukungan bapak/ibu, agar bisa menjadi motivasi masyarakat untuk mengembalikan kejayaan Lada Babel. Rumah produksi lada dengan nama Berkah Lada Petani, dan memberikan sumbang dan saran untuk perkembangan Rumah Produksi Berkah lada ini," ungkapnya.

Sementara itu, Saparudin Dirut BUMD Provinsi Bangka Belitung menjelaskan, di negara - negara luar sudah memproduksi barang - barang jadi lada, namun di Indonedia khususnya masih mengekpor lada. Dengan adanya Rumah produksi lada ini, dapat mengemas lada mentah menjadi lada jadi yang sudah, sehingga harganya menjadi lebih tinggi yaitu 10 kali lipat harga mentah lada.

"Peran BUMD menyediakan bahan baku dan setelah produksi kami yang beli dan kami yang mejualnya," kata dia.

Usai meresmikan, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung bersama  bersama staf khusus Gubernur Babel beserta OPD dilingkungan Provinsi Kepulauan Babel, meninjau Rumah Produksi Berkah Lada. 

Sumber: 
PPID Babel
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Amad Sirajudin
Bidang Informasi: 
PPID Babel