Primary tabs

Masyarakat Air Hanyut Rayakan tahun baru Islam. Gubernur : Pemprov, sangat mendukung kegiatan ini.

SUNGAILIAT, BANGKA - Masyarakat Air Hanyut Sungailiat, Kabupaten Bangka, merayakan tahun baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriah. Sekaligus khataman Al-Qur'an, Minggu (8/9) Pagi, di Halaman Masjid Al-Maghfiroh, Desa Kudai, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Kegiatan tahun baru Islam, sekaligus khataman Al-Qur'an, di awali pawai taaruf Marching Band Bahrul Ulum dan Majelis Taklim Masjid Al-Maghfiroh, kemudian acara tersebut diisi dengan tausiyah Ustadz Jaja sekaligus pembimbing khataman Al-Quran.

Di hadiri Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, di wakili Asyraf Suryadin Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Plt.Sekda Kabupaten Bangka Ahmad Muchsin beserta perwakilan  pemerintah daerah pemkab Bangka dan tokoh agama setempat, acara itu berlangsung dengan hikmat.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, di wakili Asyraf Suryadin Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, dalam sambutanya mengatakan agenda pertama sudah di lewati yaitu agenda arak-arakan dan kegiatan arak-arakan tersebut membuat berbeda dengan acara di desa-desa lain.

“yang hatam Al-Quran diarak-arakan juga, sambil membawa nasi dan ayam, lengkap. Kalau di daerah Jawa dan Sunda kegiatan seperti ini banyak.  Hanya saja mereka tidak berjalan kaki, melainkan naik kuda, di pikul,” tuturnya.

Budaya setiap daerah berbeda-beda, kata Asyraf. Namun melalui budaya tersebut mari 1 Muharram 1441 Hijriah ini, kita mantapkan kembali niat kita untuk betul-betul hijrah dari yang tidak baik menjadi baik. Dari awalnya tidak memiliki kemampuan membaca Al-Quran, maka akan menjadi lebih baik membaca Al-Quran.

Asyarf juga menambahkan secara kuantitas umur manusia terus bertambah dengan adanya pergantian tahun baru islam ini, namun secara kulitas harapan hidup kita semakin berkurang. Dengan berkurangnya harapan hidup ini, kita berharap kemampuan kita semua untuk mengamalkan Al-Quran tentunya akan lebih baik lagi.

“oleh sebab itu Pemprov, sangat mendukung apa yang telah dilakukan oleh yayasan, dan panitia Majid Al-Maghfiroh, mudah mudahan masjid ini tetap makmur dan kita makmurkan dengan berbagai macam aktifitas-aktivitas kegamaan,” ujarnya.

Sementara itu,  Ustadz Jaja dalam tausiyah menjelaskan tahun baru islam 1 Muharram 1441 Hijriah adalah kilas balik yang di jalani oleh Nabi Muhamad, hijrah dari Mekah ke Madina. Dengan jarak tempuh yang sangat jauh.

“kegiatan ini dilaksanakan supaya mengenal begitu hebatnya rasulullah dalam menegakan agama islam ini,” katanya. (Aliyah)

Sumber: 
PPID Babel
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Ridwansyah
Bidang Informasi: 
PPID Babel
Error | Pejabat Pengelola Informasi Publik (PPID)

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.