Primary tabs

Memunculkan Kreativitas Menghadapi Rasa Jenuh Dalam Bekerja

 

Mengapa jenuh

Dalam kehidupan sehari – hari wajar saja kita mengalami sesuatu di luar kehendak yaitu merasa Jenuh, lalu  pemahamannya  sendiri secara harfiah adalah  padat atau penuh sehingga tidak mampu lagi memuat apa pun, juga dapat berarti jemu atau bosan. Kita sering mengalami kelupaan,  terkadang mengalami peristiwa negatif lainnya yang disebut jenuh yang dalam bahasa psikologi lazim disebut learning plateau atau plateau. Hal ini biasa kita temui perasaan itu bisa datang kapan saja. masa-masa bosan atau jenuh dalam hidup, bosan bisa mengarahkan kita kepada perilaku yang positif bahkan negatif. Jenuh tidak bisa dihindari oleh siapapun, beragam kejenuhan sangat akrab bertamu kepada setiap insan yang berakal,jenuh atau bosan dapat terjadi dalam lingkungan keluarga.

Kejenuhan juga merambah para PNS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sangat lelah bahkan menimbulkan tingkat ketidakyamanan yang tinggi dalam beraktifitas disebabkan oleh beragam permasalahan dalam rutinitas menjalankan tugas keseharian di OPD, apakah di dalam ruangan atau luar. Disamping itu pula bosan juga tidak jauh dari diri kita sendiri, dimana sewaktu-waktu mengajak kita untuk beristirahat dari semua aktifitas yang sudah lama dijalankan tanpa hambatan. Kebosanan /kejenuhan terjadi disebabkan oleh seringnya hal tersebut kita lakukan atau aktifitas yang setiap harinya kita kerjakan tanpa adanya niat untuk merenovasi rutinitas tersebut agar lebih bersemangat dengan pola kerja yang variatif. suka atau  tidak  suka, hampir setiap orang harus bekerja. Bahkan rata-rata orang menghabiskan sebagian besar waktu hidupnya untuk bekerja. Karena sungguh menyedihkan jika kita tidak menikmati pekerjaan kita sehari-hari. Hal yang paling sering melanda adalah perasaan jenuh ketika bekerja. Meski tampak sepele, jika dibiarkan, rasa jenuh bisa berakibat fatal. Atau setidakny membuat kita kurang bahagia karena tidak bisa menikmati pekerjaan kita.

Gejala

        Setiap PNS pasti pernah merasa bosan atau jenuh dengan pekerjaannya,Para ahli menyatakan gejala dimaksud antara lain  Mark Fenske dan John Easwood :

  • Kesulitan memberi perhatian pada informasi internal, misalnya pikiran atau perasaan.
  • Sadar bahwa sulit memberi perhatian terhadap sesuatu.
  • Menyalahkan lingkungan sekitar, misalnya berkata "Tugas ini membosankan" atau "Tidak ada yang bisa dilakukan di sini.

Jenis - Jenis Kebosanan

Dr Thomas Goetz mengatakan :

  1. Bosan Kalibrasi: Orang dengan tipe ini merasa bimbang dan sangat reseptif dengan perubahan atau gangguan.
  2. Bosan Mencari: Orang yang mengalami kebosanan ini resah dan aktif mencari sesuatu untuk mengalihkan perhatian Anda.
  3. Bosan Reactan: Orang yang mengalami kebosanan ini termotivasi meninggalkan situasi yang mereka hadapi.
  4. Kebosanan Apatis: jenis kebosanan yang tak menyenangkan yang menyerupai ketidakberdayaan atau depresi.

Rutinitas
Rasa bosan / jenuh atau tidak betah di tempat kerja ketika merasa tidak nyaman, muncul keinginan untuk resign demi mendapatkan suasana baru.
kreativitas kita bisa ditebak, nyaris tak berubah setiap harinya. Bangun pagi, mandi, beranjak ke kantor, kemudian mengambil tempat duduk dan menatap layar komputer hingga jam kerja usai. Ritme monoton ini membuat merasa seperti robot pekerja. Kejenuhan yang semakin menumpuk menumbuhkan rasa malas dan merunyamkan mood. Kerja jadi tak lagi nikmat, sekarang yang penting asal selesai. Daripada bertambah parah.

Agar terhindar dari kebosanan, kita cukup melakukan pekerjaan sesuai porsinya saja misalnya PNS di suatu OPD. Porsi kerja adalah sesuai jam kerja  8 jam tiap harinya. Jangan lagi merasa terbebani setelah jam kantor selesai. Berhenti memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan setelah sampai di rumah.

Jenuh Saat Bekerja

Ketika sedang menjalani rutinitas saat bekerja memang seharusnya sedang dalam mood dan dalam kondisi tubuh yang fit dan selalu terjaga, pada saat kita sedang menjalani kewajiban kita dalam sebuah pekerjaan tentunya banyak hal yang mungkin bisa menghambat laju kita untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Seperti misalnya menjalani pekerjaan yang hampir sama setiap hari sehingga munculah rasa jenuh saat bekerja dan pada akhirnya kita menjadi malas. Padahal sudah mengetahui bahwa sifat buruk tersebut seperti malas dan jenuh saat bekerja itu merupakan sikap yang tidak baik, apalagi jika kondisi tubuh yang sedang tidak baik akibat terlalu lelah sehingga kurang bisa untuk menyeimbangkan antara pikiran dan logika.

Sifat jenuh saat bekerja dapat terindikasikan oleh berbagai macam hal diantaranya malas saat melakukan pekerjaan, prestasi serta produktivitas kerja menurun, tidak bersemangat saat menjalani pekerjaan, enggan datang ke kantor, dan sebagainya. Untuk menghilangkan rasa jenuh saat bekerja tersebut dapat dengan melakukan berbagai cara dan masih terdapat banyak lagi hal yang bisa kita lakukan agar kewajiban bisa terpenuhi dan tidak ada lagi rasa jenuh saat bekerja. ka rasa jenuh saat bekerja mulai muncul maka ingat dan pikirkan kembali apa yang membuat PNS merasa senang selama menekuni tugas yang diemban. Setelah itu jadikan hal menyenangkan tersebut sebagai motivasi agar dapat kembali semangat dalam melakukan pekerjaan. Rasa jenuh saat bekerja bisa datang dari mana saja, baik dari dalam diri bahkan dari lingkungan sekitar. Jika rasa jenuh saat bekerja itu munculnya berasal dari dalam diri maka mulailah dengan menciptakan pikiran dan sugesti yang bersifat positif mengenai bidang pekerjaan tersebut dan tugas-tugas yang telah diterima saat ini.

Mengubah suasana kerja lalu menikmati pekerjaan yang sedang dijalani saat ini maka seberat apapun tugas tersebut pasti akan terasa lebih ringan jika menjalankannya dengan senang hati. Tetapi, apabila kita menjalankannya tidak dengan tulus atau secara terpaksa maka dapat dipastikan pekerjaan ringan tersebut akan terasa lebih berat dan membebani pikiran.

Solusi

mengatasi rasa malas dan jenuh pada rutinitas kerja:

  1. Bagi tugas yang sedang dihadapi menjadi bagian – bagian kecil.  Misalnya, ketika diberi tugas untuk mengerjakan laporan, anda bisa membagi pekerjaan itu dalam beberapa tahapan. Cara ini diharapkan akan membuat pekerjaan terlihat lebih sederhana dan ringan. Berikutnya adalah membuat skala prioritas pekerjaan yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Tentu anda dapat memilih, pekerjaan mana yang lebih urgen dari pekerjaan yang lainnya.
  2. Pikirkan hal menyenangkan dari pekerjaan yang anda tekuni. Ingat dan pikirkan kembali hal-hal menyenangkan yang kamu peroleh selama menekuni pekerjaan tersebut. Jadikanlah hal itu sebagai motivasi untuk kembali bersemangat dalam bekerja.
  3. Tiru teman yang sangat mencintai pekerjaannya. Selama hal tersebut positif, contohlah perilaku rekan kerja anda. Perhatikan atau berbagi mengenai caranya mengatasi beban pekerjaan yang begitu berat. Jadikan cara jitunya sebagai inspirasi bagimu untuk menambah motivasi bekerja.
  4. Manfaatkan jatah cuti. Refreshing adalah langkah cepat dan tepat dalam menghilangkan rasa jenuh. Manfaatkan jatah cuti yang diberikan kantor dan lakukan liburan singkat yang dapat membuat rileks serta kembali segar.
  5.  Rencanakan masa depan dan jangka panjang. Saat mengalami fase jenuh, inilah waktu yang tepat bagi anda untuk melihat dan menata kembali rencana masa depan. Apakah akan tetap bertahan pada pekerjaan tersebut atau akan pindah ke bidang lainnya. Rencana masa depan yang jelas, dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan semangat kerja. Misalnya, pada beberapa tahun kedepan ingin memangun usaha sendiri, oleh karena itu, pada saat ini harus giat bekerja untuk mengumpulkan modal usaha.
  6. Ubah suasana kerja. Perubahan suasana ini bisa berupa pengaturan ulang meja dan peralatan kantor di sekitarmu serta mengakrabkan diri dengan rekan kerja. Pajanglah berbagai benda atau foto di atas  sekeliling meja yang selalu membuat tersenyum, mengembalikan mood baik dan termotivasi untuk bekerja.
  7. Nikmati pekerjaanmu. Dengan menikmati bidang pekerjaan yang ditekuni, pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan. Namun, jika bekerja secara terpaksa, maka pekerjaan yang ringan akan menjadi berat dan pekerjaan yang berat akan semakin berat.
  8. Beri penghargaan kepada diri sendiri atas setiap tahapan tugas yang telah selesai dikerjakan agar memberikan energi yang positif dalam diri, yang akan sangat membantu menjaga semangat kerja. Misalnya, pergi merawat diri di salon kecantikan, merawat rambut dan kuku, berbelanja baju.
  1. Beri waktu bagi diri anda sendiri untuk sekedar relaks. Bila perlu, ajaklah teman dekat yang bisa dipercaya untuk berbagi cerita,  mungkin darinya dapat memberi masukan yang baik untuk anda.
  2. Menjalankan hobi atau kegiatan – kegiatan lain di luar rutinitas. Kegiatan tersebut misalnya menonton film, berwisat kuliner bersama keluarga atau pergi bersama teman lama. Akan tetapi, pastikan jangan sampai aktivitas itu malah menguras tenaga dan membuat lebih malas untuk kembali bekerja.
  3. Pergi berlibur bersama keluarga atau orang dekat ke tempat – tempat yang belum pernah dikunjungi (refreshing). Hal ini akan memicu semangat baru pada saat akan memulai aktifitas bekerja. Menurut sebuah survey di Findlandia ditanyakan mengenai apa yang mereka lakukan di Sabtu dan Minggu. Beberapa mengaku tetap merasa jenuh dan lelah, hanya bermalas-malasan di akhir pekan. Sedang yang lain mengaku mempersiapkan diri untuk kembali kerja pada Senin paginya. Hasilnya, kedua aktifitas ini ternyata memberikan risiko mengalami serangan jantung dan stroke hingga 3 kali lipat. Alasannya, jadwal libur mereka diisi dengan berdiam, stres dan tertekan. Inilah yang kemudian mengganggu hormon dan sistem kekebalan tubuh. Turunan dari kondisi ini adalah rasa gelisah yang berlebihan, letih, dan lesu.
  4.  Berolahraga setelah pulang dari kantor.

Olahraga mampu mengusir stress dan penat. Mungkin anda sudah lelah seharian berkutat dengan pekerjaan kantor namun, dengan bersepeda santai, berenang, aerobik, anda malah akan mendapatkan badan kembali segar, hilang rasa tertekan pada rutinitas kerja anda.

  1. Bersyukur dengan apa yang telah diperoleh dari hasil jerih payah.

Dengan bersyukur dari apa yang punya setelah bekerja akan menjadi kembali semangat. Misalnya saja: Saya bersyukur, ternyata dari hasil jerih payah saya sendiri,  tak terasa saya sudah punya rumah dan kendaraan.

Pandangan Islam

Rasa malas, jenuh, dan futur adalah sifat manusiawi dan wajar bagi setiap orang. Hampir setiap mukmin yang mendambakan memiliki interaksi yang baik dengan Al-Qur’an sering merasakan problem ini. bahkan sepanjang hidupnya akan terus berjuang mengatasi perasaan yang manusiawi ini. hanyalah Malaikat yang tidak memiliki perasaan ini. Mereka (Malaikat) bertasbih malam dan siang tanpa merasa futur (semangat yang turun). (Al – Anbiya’ 21 : 20) Adanya perasaan tersebut sejalan dengan tabiat kehidupan itu sendiri yang dijadikan Allah sebagai ujian bagi manusia. Perasaan-perasaan tadi adalah suatu tantangan yang harus dilalui sebelum manusia sampai ke garis finis kehidupannya, yaitu kematian. Dengan demikian, terlihatlah orang yang berhasil atau orang yang gagal dalam menaklukkan tantangan kehidupan yang sangat sebentar ini.

Kita hendaknya harus menyadari bahwa dalam memahami hakekat perasaan adalah sebuah perjuangan. Berjuang untuk meraih kehidupan baik yang abadi. Inilah inti pesan dari firman Allah yang berbunyi,

“Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan penuh susah payah menuju Tuhanmu, Maka pasti kamu akan menemui-Nya. (maka jangan sampai saat kembali kepada Allah, balasannya yang diterima adalah siksaan).” (Al – Insyiqaq: 6)

Dapat dipahami, sikap selalu siap menelan pil pahit perjuangan demi meraih kehidupan baik yang sesuai dengan Al Qur’an dan As-Sunnah adalah sikap yang benar dalam menghadapi tantangan kehidupan. Sangat mustahil jika kita mengharapkan perjalanan hidup ini selalu manis tanpa halangan dan rintangan. Yang penting, bagaimana halangan dan rintangan tersebut menjadi peluang-peluang yang positif untuk meraih kehidupan yang baik dan sukses.

kebosanan bisa membuat kita lebih kreatif dan produktif

Kebosanan adalah sesuatu yang harus dilewatkan dengan sesuatu yang positif melalui beragam hal menarik seperti pengalaman penulis  apakah touring berkendaraan bermotor ke daerah pelosok,pantai,pulau kecil,menonton film, berolahraga karate dan sebagainya. Kejenuhan bukanlah musuh abadi namun bisa memunculkan kreatifitas baru yang kadangkala tak terduga sebelumnya. Sebaliknya, rasa bosan dan menganggur, adalah untuk pribadi yang malas dan tak punya tujuan akhirnya menambah beban pikiran.

Rasa bosan biasanya sering diistilahkan dengan ketumpulan mental dan tak memiliki impian atau keinginan. Di tengah masyarakat global baik di kota maupun desa di Indonesia yang melihat kebahagiaan dan cara pandang yang positif sebagai bagian dari produktivitas, orang-orang yang merasa bosan dianggap tidak bahagia. Permasalahan ini bias dicarikan suatu solusi yang murah meriah bila kita menghendaki adanya perubahan dalam diri kita sendiri apakah melihat orang lain, belajar dari yang lebih ahli dan pengalaman.

Banyak dari ide-ide terbaik kita justru muncul pada saat kita sedang tidak melakukan apa-apa, seperti dalam perjalanan ke kantor, atau sedang mandi, atau saat berjalan. Bahkan, kita mungkin paling kreatif saat sedang bosan. Dalam penelitian di Pennsylvania State University, psikolog Karen Gasper dan Brianna Middlewood menemukan bahwa peserta yang merasa bosan justru mendapat hasil yang lebih baik dalam tes kreativitas daripada orang-orang yang merasa santai atau lega. Bagian paling membosankan dari pekerjaan kita memiliki potensi untuk memunculkan kreativitas, yang mungkin mengejutkan kita.

mengatasi kebosanan dianjurkan :

Kebosanan mungkin juga membuat PNS lebih produktif. kebosanan membantu memulihkan persepsi bahwa aktivitas seseorang bermakna dan penting". kebosanan adalah "situasi yang dibutuhkan" dan bisa membantu memotivasi kita menyelesaikan tugas-tugas. "Tanpa adanya kebosanan, orang akan terjebak dalam situasi yang tidak mengenakkan, dan kehilangan banyak pengalaman yang memperkaya secara emosional, kognitif, dan sosial. "Kebosanan adalah peringatan bahwa kita tidak melakukan apa yang sebenarnya ingin kita lakukan dan sebuah 'dorongan' yang memotivasi kita untuk mengubah tujuan dan proyek."

Bagi banyak PNS menemukan waktu untuk menjadi bosan tentu sulit, dan mungkin terasa sebagai cara bermalas-malasan, namun bosan adalah inspirasi terbaru maka  kreatifitaslah yang muncul dalam benak setiap individu. Seperti yang dikatakan Peng Kheng Sun bahwa “Kita akan menikmati kepuasan bekerja yang maksimal dengan menjadikan pekerjaan sebagai hobi”. Dalam bekerja maka kita harus memiliki kepuasan bekerja lebih banyak bergantung pada diri kita, dari pada pekerjaan yang kita lakukan. Kita bisa memilih pekerjaan yang cocok dengan kita. kita Bisa menemukan atau juga menciptakan kepuasan dalam pekerjaan yang sedang kita lakukan. Kesempatan kita sangat besar untuk memiliki kepuasan yang tinggi.

Solusi dan kreatifitas baru

Upaya mencari tahu penyebab jenuh/bosan perlu dengan mengidentifikasi masalah mana yang sebenarnya menyebabkan hal tersebut. Jika pekerjaan menuntut PNS selalu mengerjakan hal yang sama setiap hari berulang kali, wajar jika terjadi kejenuhan. Pekerjaan yang tak menimbulkan tantangan, seringkali membuat jadi tak mampu berinovasi. Jenuh juga bisa dipicu oleh lingkungan kerja yang begitu-begitu saja. Misalnya mendiami ruangan kerja yang tak ada perubahan, baik dari segi tata letak maupun dekorasi. Orang yang overqualified akan merasa tak tertantang dengan pekerjaan yang terlalu mudah. Begitu juga dengan orang yang sulit beradaptasi dengan tugas yang terlalu berat, akan merasa lelah dengan beban dan tanggung jawab yang diberikan.  Selain yang bersifat interpersonal, jenuh juga bisa dipicu hubungan antarpersonal yang dikembangkan dalam lingkungan kerja. Jika di lingkungan pekerjaan kerap ditemui konfrontasi yang tak kondusif, atasan yang kerap bersilang pendapat, instruksi atau strategi organisasi yang tak pernah sampai ke bawahan, jika 
Tak harus ganti pekerjaan Mengetahui diri mulai kehilangan gairah dalam bekerja, bukan lantas harus mengganti pekerjaan. Penundaan pekerjaan beberapa saat benar-benar bisa membuat otak kita lebih inventif.

Mencari tahu dulu, jenuh itu  karena apa? Jika masalahnya adalah pekerjaan yang terlalu rutin di kantor, sesekali melakukan variasi kecil dalam pekerjaan. Kita bisa memanfaatkan beberapa menit untuk beristirahat setelah bbeberapa jam di depan komputer, misalnya berbincang dengan rekan satu ruangan sejenak. membahas hal yang menarik lain selain yang kesehariaan,lebih santai seperti bertukar informasi belanja, membicarakan Si Kecil, menanyakan di mana ia membeli aksesori, dan lainnya. Sedangkan untuk mengatasi jenuh yang disebabkan lingkungan fisik kantor, bisa dengan menata ulang meja kerja. Meletakkan benda-benda yang berhubungan dengan hobi di sudut meja, bisa memberi nuansa berbeda.  bekerja di dunia kreatif juga bisa menata ulang jadwal maupun prioritas sehari-hari. Seorang salesman yang selalu datang pagi ke kantor, mengunjungi klien lalu kembali ke kantor, bisa mengubah rute perjalanannya. Jika memahami kejenuhan disebabkan hilangnya makna bekerja, perlu menata ulang makna pekerjaan. ”Umumnya, pekerjaan yang sesuai dengan minat tak akan mudah menimbulkan kejenuhan,”.   Ikuti prosedur Kadangkala, masalah kejenuhan tak bisa diselesaikan sendiri dengan mengubah mindset, kebiasaan, atau dekorasi meja kerja. 

Kebiasaan bekerja dengn senang hati adalah kebiasaan bekerja paling efektif bila ingin mencapai hasil yang maksimal dalam bekerja kita perlu memiliki rasa senang dalam bekerja. Semakin kita senang dalam bekerja semakin besar pula peluang kita bekerja dengan baik. Cara kreatif menemukan dan mempertahankan rasa senang diantaranya adalah bersikap positif. Berpikir positif disini memberikan arti bahwa masalah memberikan kita kesempatan membuat kemajuan, masalah membuat kita semakin kuat, Masalah memberikan kita pengalaman yang berharga, masalah mendorong kita berfikir kreatif, masalah memberikan kita berusaha lebih keras, menghadapi rutinitas dengan kreativitas, mengatasi tekanan pekerjaan dengan kopetensi, Menghadapi pengawasan dengan kepercayaan diri, Kita harus menghargai pekerjaan kita, Menghadapi hukuman dengna sikap mau belajar,Mengatasi kesulitan bekerja dan Menggali manfaat bekerja makin membosankan pekerjaan yang Anda lakukan maka kreativitas akan makin meningkat.

Saat bosan kita akan melamun dan bonusnya makin banyak waktu untuk pikiran berimajinasi, Menurut Dr. Sandi Mann, melamun bisa membentuk pola pikir lateral yang membantu dalam memecahkan masalah. Melamun dapat mengubah rasa bosan atau jenuh dalam pikiran. sehingga Anda menjadi lebih siap mengatasi masalah atau pekerjaan yang sudah menanti.

Selain berfikir positif cara kreatif menciptakan rasa senang dalam bekerja adalah :

  • Memadukan bekerja dengan bermain
  • Memadukan bekerja dengan hobi
  • Memiliki rasa humor yang tinggi terhadap pekerjaan
  • Memasang target
  • Menciptakan rekor pribadi
  • Menemukan kegiatan yang menyenangkan
  • Mencari teman yang cocok untuk berbagai pengalaman kerja

“Kebanyakan pekerjaan tidaklah mudah, kecuali kita membuatnya mudah”. Ada dua tipe orang bekerja. Pertama orang yang tampak begitu mudah melakukan pekerjaan mereka dan orang yang tampak sulit melakukan pekerjaan  mereka. Agar bisa menyukai suatu pekerjaan, kita perlu  menemukan dan menciptakan hal-hal yang mudah dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Padatnya rutinitas itu, tentu saja bisa mendatangkan rasa stres dan jenuh. Namun, bukan perempuan masa kini kalau tidak punya cara kreatif untuk menangkal rasa stres. Berikut ini beberapa cara unik hilangkan jenuh:

Tidur Siang

Meski sebentar, tidur siang adalah hal yang sangat memengaruhi tingkat stres yang dirasakan para ibu. Kalau lagi di kantor, waktu untuk bisa dapat waktu tidur siang biasanya setelah beribadah.

Bikin Kue

Sehari-hari bikin masakan rumahan, kini jadi berganti masak kue yang kekinian seperti vidio memasak yang muncul di social media. Membuat makanan yang berbeda ternyata menjadi salah satu cara untuk usir stres.

Manjakan Diri

Pergi ke salon atau belanja menjadi cara yang selalu berhasil untuk menghilangkan stres. Merasakan service massage dan perawatan kecantikan lain juga bisa mengendurkan otot-otot dan pikiran yang tegang.

Bersosialisasi

Pergi bersama teman-teman ke restoran kesukaan. Menghabiskan waktu bersama teman, menjadi salah satu cara mengusir stres yang mengganggu. Saling berbagi unek-unek, baik cerita sedih maupun lucu yang sekiranya bisa melegakan.

Kegiatan ini pun terbukti bisa mengembalikan energi untuk kembali mengemban tugas sebagai ibu rumah tangga.

Berolahraga

Olahraga membuat raga sehat sesuai dengan usia, juga menjadi salah satu cara mengusir stres dan rasa jenuh. Selain menyehatkan badan, kegiatan ini juga jadi momen bertemu dengan orang-orang berbeda yang selama ini ditemui dikantor atau lingkungan rumah.

Penulis sendiri sebagai pelatih bela diri karate telah membuktikan khasiat berolahraga secara rutin dengan fakta jarang dihinggapi rasa jenuh meskipun aktivitas sangat banyak selain menjadi widyaiswara di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tradisi tiada hari tanpa olahraga mutlak dilakukan meskipun waktunya hanya singkat menyesuaikan dengan usia dan kondisi fisik, kebugaran adalah rezeki yang melimpah didapatkan tanpa biaya mahal.

Nonton Film

Buat perempuan yang suka dengan film-film Korea, tentu aktivitas menonton adalah hal yang paling menyenangkan. Begitu juga dengan genre film yang lain. Nonton tak melulu di bioskop, kamu juga bisa nonton dari televisi di rumah. Apalagi kalau nonton dengan TV LED Cinemax Polytron, selain teknologi layar dan sound-nya yang canggih.

Liburan Bersama Keluarga

Menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berlibur, bisa menjadi solusi pereda stres untuk pns karena yang bekerja penuh dari hari senin sampai dengan jumat. Memilih lokasi yang nyaman dan berpemandangan indah, membuat mata dan pikiran terhibur serta menghilangkan stres. Selain itu walaupun tidak pergi ke luar rumah / luar kota, menghabiskan waktu di rumah sambil bercengkerama dengan anggota keluarga membuat aktifitas bercocok tanam ringan disekitar pekarangan bias memberikan arti bagi kehidupan.

Nuansa kebersamaan  dapat dilakukan dalam menciptakan kreatifitas baru, murah, mudah  dan menarik tentu memunculkan semangat dan ide berkreasi di saat

8 Kunci meningkatkan kreatifitas ketika suasana membosankan :

  1. Tingkatkan kreatifitas dengan mendesain kantor dengan suasana baru
  2. Aktivitas baru
  3. Kerjakan proyek yang baru
  4. Olahraga
  5. Lakukan evaluasi terhadap kinerja
  6. Tingkatkan kreatifitas dengan beristirahat
  7. Mintalah bantuan pada rekan kerja
  8. Meningkatkan kreatifitas dengan tertawa

Hasil kreatifitas yang bermanfaat

Tampilan yang berbeda pastinya akan membawa perubahan untuk hidup, selain lebih semangat menjalani hari, perubahan penampilan bisa membuat tampil lebih menarik dan meraih berbagai kesempatan baru. Kreatifitas yang bermanfaat selama masa jenuh dari seorang PNS akan memberikan dampak berbalik dari bayangan sebelumnya dengan hal-hal lucu dan bahan humor, misalnya :

  1. Saking bosannya, seseorang membuat pisang yang biasanya kuning atau hijau dan pencil menjadi putih, mengunakan kertas koereksi untuk menyelimutinya.

 2.  Dengan coreat-coretan kreatif, sendok dan garpu pun bisa berubah menjadi karakter-karakter unik. Coretan-coretan pulpen sukses membuat ilustrsi lapangan juga anggota tubuh si lalat.

3.    Menggambar sembarangan tapi terarah

4.    Menulis apa saja sesuka perasaan yang ada namun santun

5.    Memfoto apa saja yang dijumpai

6.   Mengotak atik pekerjaan yang pernah di lakukan

 

Fakta dalam lingkungan BKPSDMD

         Secara empiris penulis melakukan osbervasi secara langsung namun tersembunyi, selama 2 bulan, bahwa telah terjadi kebosanan alias jenuh meskipun persentase di bawah 10 %. Penyebabnya tidak lain adalah :

  1. Kurangnya semangat dalam beradu kompetensi
  2. Perhatian pimpinan masih lemah dalam memberikan perhatian
  3. Tantangan untuk berinovasi tidak ada
  4. Realita rutinitas pekerjaan monoton
  5. Kesempatan karir terbatas
  6. Keakraban sesama PNS dan PHL terlihat berkelompok

Referensi :

Penulis: 
Rachmat Bahmim Safiri,S.H., M.Si - WI Madya BKPSDMD
Sumber: 
BKPSDMD
Error | Pejabat Pengelola Informasi Publik (PPID)

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.