Primary tabs

Wagub Inginkan Lahan Geopark Belitong Dibahas Bersama-sama

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah memimpin secara langsung Rapat Pembahasan Geopark Pulau Belitong.

Rapat yang dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Provinsi Babel, Rivai, Kepala Dinas Pertambangan dan ESDM Babel dan Dinas Kehutanan Babel ini, dilaksanakan Senin (10/3/2020) siang di Ruang Rapat Wagub, Kantor Gubernur Babel.

Tujuan rapat tiada lain untuk melakukan identifikasi permasalahan lahan dalam pembangunan Geopark Belitong yang berada di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Wagub dalam arahannya menginginkan permasalahan lahan dalam Geopark Belitong dapat dibahas bersama-sama oleh Dinas Kebudayaan dan Parawisata Babel, DLH Babel dan ESDM Babel serta Dinas Kehutanan Provinsi Babel.

“Kita ingin mengurai persoalan-persoalan yang kita hadapi, sebab ada beberapa daftar masalah yang kita urai di dalam rapat ini,” tuturnya.

Usai mendengarkan paparan yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Parawisata Babel, Wagub berharap usai rapat,  dapat menyusun rencana tindaklajutnya apa, yang harus dilakukan oleh masing-masing OPD terkait.

“Penyesaiannya bisa dilakukan dengan siapa saja, Dinas Kehuatan atau DLH, sebab kewenangan itu ada di kita. Oleh sebab itu, kita urai secara rinci dan jika berhadapan dengan berbagai pihak kita sudah paham sehingga jika ingin menyelesaikan, kita sudah tahu rencana aksinya,” ujar Wagub.

Sebelumnya, Kepala Disbudpar Babel, Rivai menjelaskan, dalam rapat ini Disbudpar sudah melakukan identifikasi permasalahan lahan dalam Geopark Belitung, dan  dipaparkan di dalam rapat ini, sehingga nantinya ada solusi bersama dalam menangani permasalahan ini.

“Mudah-mudahan dari teman-teman dari ESDM dan Kehutanan serta DLH bisa memberikan solusi mengacu kepada perundang-undangan yang berlaku, jangan sampai kita memberikan solusi tapi masih dihantam dengan peraturan-peraturan yang lebih tinggi,” terangnya. 

Rapat Pembahasan Geopark Pulau Belitong rencananya akan dilaksanakan kembali, dengan mengundang OPD yang menangani jalan, dan masing-masing OPD yang diundang membawa dokumen serta bisa memaparkan lebih rinci pembahasan Geopark Belitong.

Sumber: 
PPID Babel
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
mislam/amad
Bidang Informasi: 
PPID Babel