Primary tabs

Wagub Serahkan Penghargaan K3 kepada Enam Perusahaan

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel),  Abdul Fatah menyerahkan secara langsung penghargaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) kepada enam Perusahaan yang ada di Provinsi Babel.

Enam Perusahaan yang mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel dalam Upacara Peringatakan Bulan K3 tingkat Provinsi Babel di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Babel, di Air Itam, Pangkalpinang itu, adalah PT. Dok dan Perkapalan Air Kantung, PT Waskita, PT.  Timah Tbk, PT. BSSP Estate, PT. PJBS Belitung dan PT. GML POM.

Sebelum menyerahkan Penghargaan K3, Wagub Abdul Fatah menjadi Inspektur Upacara Peringatan Bulan K3 Tingkat Provinsi Babel Tahun 2020, Rabu (5/2/2020) pagi.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah RI dalam sambutannya yang disampaikan Wagub Babel Abdul Fatah mengatakan, kegiatan Bulan K3 Nasional ini diikuti secara nasional di semua lembaga, institusi, pemerintah daerah, perguruan tinggi dan perusahaan.

“Saya sampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan terlibat aktif dalam mengembangkan, mempromosikan serta membudayakan K3,” ungkap Wagub.

Selain itu, juga diharapkan peringatan ini, sebagai momentum untuk memperkuat pelaksanaan K3 secara nasional, sebagai elemen penting dalam melakukan reformasi ketenagakerjaan. Komitmen ini dilakukan dalam kerangka membangun SDM unggul untuk mencapai Indonesia maju.

“Dengan memohon bimbingan dan perlindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, kita dapat terus bekerja untuk memastikan jaminan keselamatan dan derajat kesehatan tenaga kerja selalu dilaksanakan,” ujarnya.

Wagub menginginkan agar semua pihak ikut mengawal, agar program dan strategi nasional K3 dapat berjalan efektif. Disamping itu, perlu melakukan lompatan dan terobosan dengan inovasi-inovasi baru, agar pelaksanaan K3 dapat terus diperkuat di tengah gerak perubahan masyarakat dan revolusi industri yang kian melesat.

“Apakah K3 hanya tanggungjawab para pengusaha? Tidak. Serikat pekerja juga wajib memberi perhatian dan mendorong agar K3 dapat dijalankan secara efektif. Apakah K3 hanya tanggungjawab Pemerintah Pusat? Tentu tidak. Karena ketenagakerjaan adalah bidang yang diotonomikan, sehingga Pemerintah Daerah memiliki kewenangan untuk melaksanakan dan mengontrol atas pelaksanaannya,” jelas Wagub. 

Ini, ditegaskan Wagub Abdul Fatah, adalah soal kerja sama, koordinasi, saling mengawasi dan saling mengingatkan. "Melalui kesempatan yang baik ini, saya mengharapkan agar semua pihak dapat melakukan upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing. Hal ini agar budaya K3 berbasis teknologi informasi benar-benar terwujud di seluruh tanah air,” tambah Wagub. 

Kegiatan dengan mengusung tema “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi” tersebut, diikuti Pejabat dari Unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah di Lingkup Pemprov Babel, Perwakilan Perusahaan di Babel, ASN Pemprov Babel, Perwakilan Security Perusahaan, Basarnas dan Pramuka.

Usai upacara dan penyerahan penghargaan, Wagub menyaksikan sekaligus mencoba simulasi penanganan keadaan darurat bahaya kebakaraan menggunakan alat pemadam kebakaran di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Babel. 

Sumber: 
PPID Babel
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Amad Sirajudin
Bidang Informasi: 
PPID Babel