PPID di Bangka Belitung Harus Saling Sinergis

Pangkalpinang – PPID Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan PPID di Perangkat Daerah harus saling berkoordinasi dan bersinergi dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik, terbuka, transparan dan akuntabel.

Hal ini diungkapkan Lury Rafelia, Kasubbag Informasi Pemerintahan dan Umum di Biro Humas dan Protokol, Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di ruang Pengelola Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (16/1/2018)

“ Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik, terbuka, transparan dan akuntabel, jadi kita harus saling koordinasi dan sinergis dalam memberikan pelayanan informasi public kepada masyarakat,” jelas Lury.

Menurut Lury, Dibentuknya PPID di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai implementasi dari Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 35 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengelolaan dan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Kementerian Dalam Negeri serta Pemerintah Daerah.

“ tujuannya untuk menekankan agar Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota dapat memperhatikan dan mewujudkan  pelayanan informasi di Badan Publik dengan membentuk Organisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), “ papar Lury.

Selanjutnya di tahun ini, dikatakan Lury untuk menguatkan peran PPID. PPID Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Biro Humas dan Protokol akan segera mengadakan Rapat Koordinasi yang akan dilaksanakan pada bulan Februari mendatang.

“ PPID Utama dan PPID di Perangkat Daerah  harus saling berkoordinasi bersinergi agar informasi yang disampaikan cepat tepat akurat dan akuntabel,” tegas Lury.

Dengan Rapat Koordinasi, diterangkan Lury PPID di Perangkat Daerah dapat mengaktifkan kembali peran OPD nya.

“ Rakor merupakan sarana menyamakan persepsi, mengadvokasi agar PPID di OPD lebih aktif dalam mengupdate data sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan. Karena website PPID merupakan indicator jalannya program pemerintah yang baik,” tutup Lury.

Sumber: 
PPID Babel
Penulis: 
Fajrina Andini
Fotografer: 
Fajrina Andini
Editor: 
PPID Babel